Tanaman Hias Ini Dapat Menyerap Racun dan Membersihkan Udara

Jakarta: Tanaman hias tak hanya menunjang keindahan rumah, tetapi melindungi keluarga dari bahaya polutan. Polusi udara tidak hanya terjadi di luar, tapi juga di dalam rumah.

Biasanya, polusi udara disebabkan oleh zat beracun dari benda-benda di dalam rumah atau produk pembersih rumah tangga. Hal ini tentu berbahaya bagi kesehatan keluarga, terutama jika memiliki anak kecil.

Ada beberapa tanaman yang terbukti ampuh membersihkan udara dengan menyerap racun. Tanaman-tanaman ini memiliki kemampuan menghasilkan oksigen yang baik.

Berikut ini, tujuh jenis tanaman yang memiliki manfaat yang baik bagi penghuninya yakni menyerap racun.

1. Lidah buaya

 Tanaman lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, namun bisa membantu membersihkan udara dari bahan kimia berbahaya yang berasal dari pembersih, yakni formaldehida dan benzena.

Selain itu, lidah buaya juga dipercaya dapat memurnikan udara di rumah dengan menyaring udara dan menjaga kualitas udara dengan lebih baik. Bahkan beberapa survei menyebut lidah buaya dapat menyerap radiasi elektromagnetik.

2. Spider plant

Spider plant berasal dari Afrika dan memiliki tinggi hanya 60 cm. Meski mungil tanaman hias ini dikenal sebagai salah satu penyerap debu.

Sama seperti lidah buaya, tanaman ini juga dipercaya bisa menghilangkan polutan kimia berbahaya yakni formaldehida dan xylene.

3. Herbras

Tanaman ini banyak digunakan sebagai hiasan di kamar mandi, ruang cuci, kamar tidur karena memiliki harum yang menenangkan dan warna yang cantik.

Tanaman asal Afrika ini efektif menghilangkan bahaya polutan kimia seperti trikhloroetilen yang sering digunakan sektor industri.

4. Lidah mertua

Lidah mertua efektif dalam menyerap berbagai racun seperti karbon monoksida, dioksin. Bahkan lima helai tanaman ini mampu menyerap racun hingga 100 meter persegi.

Selain itu, tanaman lidah mertua juga efektif dalam membuang racun berupa benzena, xylene, trikloroetilen, dan formaldehida.

5. Sirih gading

Tidak dapat dipungkiri jika di dalam rumah terdapat endapan residu berbahaya yang dihasilkan oleh cat dinding, cat kayu, dan peralatan elektronik.

Tanaman sirih gading dipercaya untuk menyerap racun, dan berbagai polutan lainnya. Bahkan sirih gading dapat mengolah racun menjadi pasokan oksigen segar dan membantu mengatasi permasalahan pernafasan.

6. Palem areca

Tanaman palem memiliki bentuk yang cantik sehingga sering digunaakan sebagai dekorasi di rumah maupun di tempat-tempat umum. Tanaman yang satu ini menjadi penjernih udara yang paling baik.

Dalam uji coba NASA, tanaman palem memiliki kemampuan menghilangkan formaldehid dari dalam ruangan.

7. Tanaman karet

Rubber tree atau tanaman karet memiliki manfaat menjernihkan udara dengan cara menghilangkan zat berbahaya seperti formaldehida yang biasanya menempel pada furnitur.

 

Sumber : https://www.medcom.id/

Butuh bantuan?