Kopimu Tidak Habis? Berikan Saja untuk Tanaman di Rumah!

Jakarta: Menikmati kopi pada pagi hari bisa membuat harimu lebih bersemangat. Namun begitu, sering kali karena waktu yang mendesak, seseorang tidak sempat menyelesaikan secankir kopi yang ada. 

Eits, jangan langsung dibuang ke saluran pembuangan. Karena, sesuatu yang lain di rumah dapat juga menikmati kopimu. Ya, tanaman hiasmu juga ‘doyan’ kopi, loh.

Sebagaimana yang telah dikutip dari Lifesavvy, kopi benar-benar dapat membantu memberi tanaman hias tambahan mineral yang besar. Yang harus dilakukan hanyalah menuangkannya ke tanah. 

Bagaimana cara kerjanya? Banyak mineral yang terdapat dalam kopi yang bermanfaat bagi kamu juga bermanfaat bagi tanaman. 

Nitrogen, kalium, dan magnesium semuanya ditemukan dalam cangkir yang diseduh dan ketika ditambahkan, mereka dapat memberi tanaman lebih banyak nutrisi yang mereka butuhkan. Namun, gunakan kopi dengan cara yang benar jika ingin menghidupkan kembali tanaman atau memberi mereka sedikit dorongan.

Hanya kopi hitam

Pertama, tidak boleh menggunakan kopi panas yang baru diseduh. Panas dapat merusak akar tanaman dan menghilangkan manfaat apa pun. Kopi juga sangat asam yang dapat membahayakan tanaman.

Jangan langsung menuangkannya begitu selesai minum dan hanya menggunakan kopi hitam. Pertama-tama encerkan kopi dengan air sampai terlihat lebih seperti teh hitam, lalu tuangkan ke atas tanah. Kamu dapat melakukan ini berkisar seminggu sekali. 

Yang harus diperhatikan

Namun, ada beberapa peringatan untuk trik ini. Pertama, meskipun ini mungkin merupakan peretasan yang baik untuk dorongan sesaat, jika digunakan dalam jangka panjang, ini dapat menghilangkan keseimbangan ph di tanah dan membunuh tanaman.

Jika berencana menggunakannya, pastikan untuk mendapatkan monitor pH tanah agar memastikan tanah tetap seimbang.

Cara ini cenderung tidak memiliki efek merugikan pada pohon dalam ruangan. Ficus atau daun fiddle mungkin merupakan tempat terbaik untuk memulai. Jika kamu telah berjuang untuk menjaga tanaman hias tetap hidup atau dalam kondisi prima, kopi pagi mungkin jawabannya.

 

Sumber : https://www.medcom.id

Butuh bantuan?